Selasa, 23 September 2014

Software Requirement Specification

SRS menjelaskan tentang prodak software yang akan dibangun. Keputusan yang dibuat dalam SRS adalah berdasarkan dokumen project proposal dan user needs .

Introduction

Menyediakan penjelasan overview dari produk, antara lain.


Background and Motivation

Informasi yang seharusnya ada:
  • Apakah inti masalah atau keperluan customer akan produk tersebut yang akan kita angkat?
  • Mengapa kebutuhan akan produk ini tetap ada?
  • Why are these problems worth solving?
  • Siapakah sasaran / customernya?
  • Bagaimana setting and history dari project tersebut? Misalnya apakah system yang dibangun itu stand-alone systems yang bisa berinteraksi dengan user. Atau menyediakan layanan networking bagi usernya sehingga antara user satu dan yang lainnya saling terhubung
  • Apa problem utama yang akan menghalangi produk? Misalnya dalam kasus pembuatan software game online. Ada 100 juta user di Internet, dan ratusan websites yang menyediakan layanan video game dalam tim. Maka user akan kesulitan dalam memilih website dan akan memerlukan waktu yang lama untuk bergabung dan mengumpulkan pemain dalam suatu tim.
  • Apa pendekatan terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut?
  • Bagaimanakan parameter penilaian bahwa suatu produk itu baik? Suatu pelayanan yang bernilai baik adalah jika produk atau software yang dihasilkan dapat meningkatkan kepuasan user dan mengurangi waktu tunggu dll.
  • Bagaimana produk ini dapat lebih baik daripada sebelumnya? Misalnya, dengan menambahkan fitur baru, fungsi yang kita miliki lebih complex dan detail, lebih dalam hal maintainability, scalability, dan security. Memperkecil sedikit persamaan dengan produk lain dan memperbesr keunikan / ciri khas.

Tujuan

·         Apakah tujuan dan manfaat dari produk ini?

Ruang Lingkup

Informasi bias berupa batasan masalah atau ruang lingkup proyek yang dikerjakan
Contoh untuk aplikasi game online:
  • Bekerja dengan server dan browser yang umum (familiar).
  • Mengijinkan customization untuk font dan warna, dengan page layout dasar.
  • Security yang cukup untuk mengatasi beberpa gangguan
  • Memiliki fitur untuk mendiskusikan suatu game, tapi tidak melakuakn relasi dengan software game lain

Risks and Rewards

Apa resiko utama dari proyek ini?
Apa keuntungan / reward yang diperoleh ketika proyek ini sukses?

Functional Requirements

Process impact: menerangkan tentang individual feature descriptions. Kebanyakan seperti test suite, mengorganisasi  feature set oleh prioritas, functional area, actor, business object.

To Do : sebelum menulis individual feature descriptions, buat list semua features yang diperlukan. 
Tips : lihat pada dokumen user needs document dan  use case suite sebagai ide fitur-fitur yang diperlukan.

Non-Functional Requirements

Informasi yang harus ada:
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal usability?.
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal reliabilitas and up-time ?
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal kenyamanan?.
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal sekuritas?.
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal performance dan scalabilitas?.
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal maintainability dan upgradability?
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal suppotability dan operability?
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal business life-cycle ?

Environmental Requirements

Informasi
Apakah kebutuhan akan system hardware?
Apakah kebutuhan akan system software?
Apakah kebutuhan akan data import dan eksport?


Referensi :
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Ftulungagungonline.files.wordpress.com%2F2007%2F11%2Fsrs.doc&ei=s1khVIOwL4_muQSus4E4&usg=AFQjCNG5fCGAdco8xjuBmjplV60WK1qqoQ&sig2=QkyBYvD0d4Bh76Oh1JC_7w&bvm=bv.75775273,d.c2E  [Selasa - 18.31]

0 komentar:

Posting Komentar