SRS menjelaskan tentang prodak software yang akan dibangun. Keputusan yang
dibuat dalam SRS adalah berdasarkan dokumen project proposal dan user needs .
Introduction
Menyediakan penjelasan overview dari produk, antara lain.
Background and Motivation
Informasi yang seharusnya ada:
- Apakah inti masalah atau keperluan customer akan produk tersebut yang akan kita angkat?
- Mengapa
kebutuhan akan produk ini tetap ada?
- Why are these problems worth solving?
- Siapakah sasaran / customernya?
- Bagaimana setting and history dari project tersebut? Misalnya apakah system yang dibangun itu stand-alone systems yang bisa berinteraksi dengan user. Atau menyediakan layanan networking bagi usernya sehingga antara user satu dan yang lainnya saling terhubung
- Apa
problem utama yang akan menghalangi produk? Misalnya dalam kasus pembuatan
software game online. Ada 100 juta user di Internet, dan ratusan websites yang
menyediakan layanan video game dalam tim. Maka user akan kesulitan dalam
memilih website dan akan memerlukan waktu yang lama untuk bergabung dan
mengumpulkan pemain dalam suatu tim.
- Apa
pendekatan terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut?
- Bagaimanakan
parameter penilaian bahwa suatu produk itu baik? Suatu pelayanan yang
bernilai baik adalah jika produk atau software yang dihasilkan dapat
meningkatkan kepuasan user dan mengurangi waktu tunggu dll.
- Bagaimana produk ini dapat lebih baik daripada sebelumnya? Misalnya, dengan menambahkan fitur baru, fungsi yang kita miliki lebih complex dan detail, lebih dalam hal maintainability, scalability, dan security. Memperkecil sedikit persamaan dengan produk lain dan memperbesr keunikan / ciri khas.
Tujuan
·
Apakah tujuan dan manfaat dari produk ini?
Ruang Lingkup
Informasi bias berupa batasan
masalah atau ruang lingkup proyek yang dikerjakan
Contoh untuk aplikasi game online:
- Bekerja dengan server dan browser yang umum (familiar).
- Mengijinkan customization untuk font dan warna, dengan page layout dasar.
- Security yang cukup untuk mengatasi beberpa gangguan
- Memiliki fitur untuk mendiskusikan suatu game, tapi tidak melakuakn relasi dengan software game lain
Risks and Rewards
Apa resiko utama dari proyek ini?
Apa keuntungan / reward yang
diperoleh ketika proyek ini sukses?
Functional Requirements
Process impact: menerangkan tentang individual
feature descriptions. Kebanyakan seperti test suite, mengorganisasi feature set oleh prioritas, functional area,
actor, business object.
To Do : sebelum menulis individual feature descriptions, buat
list semua features yang diperlukan.
Tips : lihat pada dokumen user
needs document dan use
case suite sebagai ide fitur-fitur yang diperlukan.
Non-Functional Requirements
Informasi yang harus ada:
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal usability?.
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal reliabilitas and up-time ?
Apakah kebutuhan atas produk
dalam hal kenyamanan?.
Apakah kebutuhan atas produk
dalam hal sekuritas?.
Apakah kebutuhan atas
produk dalam hal performance dan scalabilitas?.
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal maintainability dan
upgradability?
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal suppotability dan operability?
Apakah kebutuhan atas produk dalam hal business life-cycle ?
Environmental Requirements
Informasi
Apakah kebutuhan akan system
hardware?
Apakah kebutuhan akan system
software?
Apakah kebutuhan akan data import
dan eksport?
Referensi :
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBsQFjAA&url=http%3A%2F%2Ftulungagungonline.files.wordpress.com%2F2007%2F11%2Fsrs.doc&ei=s1khVIOwL4_muQSus4E4&usg=AFQjCNG5fCGAdco8xjuBmjplV60WK1qqoQ&sig2=QkyBYvD0d4Bh76Oh1JC_7w&bvm=bv.75775273,d.c2E [Selasa - 18.31]
0 komentar:
Posting Komentar