Tingkatan tertinggi dari sebuah manajemen, tingkatan terendah (operasional) manajemen, sebagian besar terkait dengan keputusan yang diambil dalam waktu yang relatif sempit. Manajemen dengan tingkatan yang lebih rendah, juga disebut manajemen pengawasan, dan merupakan aktualisasi dari perencanaan manajemen menengah dan mengendalikan kegiatan operasional sehari-hari kegiatan yang berfungsi untuk menjaga keberlanjutan organisasi.
Contoh manajer tingkat rendah adalah
manajer gudang yang bertanggung jawab
atas restocking persediaan
dan Manager yang memanage bahan-bahan bertanggung
jawab untuk melihat bahwa semua
bahan yang diperlukan di bidang manufaktur memenuhi kebutuhan produksi.
Sebagian besar keputusan pada tingkat ini membutuhkan informasi yang mudah dimengerti tentang status dak aktivitas yang sedang berlangsung dan kegiatan dalam fungsi dasar bisnis -misalnya, informasi yang dibutuhkan untuk memutuskan kapan melakukan restok ulang persediaan.
Informasi
ini umumnya diberikan
dalam laporan rinci yang mengandung informasi spesifik tentang
kegiatan rutin. Laporan-laporan jenis
ini biasanya terstruktur, sehingga
bentuknya dapat ditentukan. Data
operasional Bisnis sehari-hari sudah
tersedia, dan pengolahan dapat
dengan mudah dilakukan dengan komputerisasi.
Manajer pada tingkat ini biasanya membuat keputusan terstruktur. Sebuah keputusan terstruktur adalah keputusan yang dapat diprediksi yang dapat dibuat sebelum diputuskan dengan
kata lain disebut prosedur rutin. Misalnya, Manajer pada lantai khusus pakaian
menerima kartu kredit Anda
untuk membayar untuk beberapa baju baru adalah keputusan terstruktur berdasarkan kriteria tertentu yaitu:
1. Apakah pelanggan Puas?
2. Apakah kartu
saat ini berlaku atau expired?
3. Apakah nomor
kartu 011 terdaftar ditoko
atau kartu curian?
4. Adalah jumlah pembelian
di bawah batas kartu kredit pemegang kartu?
B. MIDDLE MANAJEMEN
Manajemen di Level menengah berkaitan dengan keputusan yang cakupannya lebih luas. Beberapa
sebutan di level manajer menengah seperti
manajer pabrik, manajer divisi, manajer
penjualan, manajer cabang,
dan direktur personilia.
Informasi yang berada di level manajer menengah meliputi ulasan, ringkasan, dan analisis data historis untuk membantu merencanakan operasi dan kontrol dalam melaksanakan kebijakan yang telah dirumuskan oleh level manajemen atas/puncak. Informasi ini biasanya diberikan kepada manajer menengah dalam dua bentuk: ringkasan laporan (1), yang menunjukkan total dan tren-misalnya, total penjualan oleh kantor, oleh produk, oleh tenaga penjual, dan total keseluruhan penjualan-dan laporan pengecualian (2), yang menunjukkan data-data yang tidak lazim-misalnya laporan persediaan, daftar ini hanya memuat komponen-komponen dalam jumlah tidak lebih dari 10 item. Laporan-laporan ini dapat dijadwalkan secara rutin (laporan berkala), diminta atas dasar kasus per kasus (on-demand laporan), atau yang dihasilkan hanya ketika kondisi tertentu ada (event-diprakarsai laporan)
Informasi yang berada di level manajer menengah meliputi ulasan, ringkasan, dan analisis data historis untuk membantu merencanakan operasi dan kontrol dalam melaksanakan kebijakan yang telah dirumuskan oleh level manajemen atas/puncak. Informasi ini biasanya diberikan kepada manajer menengah dalam dua bentuk: ringkasan laporan (1), yang menunjukkan total dan tren-misalnya, total penjualan oleh kantor, oleh produk, oleh tenaga penjual, dan total keseluruhan penjualan-dan laporan pengecualian (2), yang menunjukkan data-data yang tidak lazim-misalnya laporan persediaan, daftar ini hanya memuat komponen-komponen dalam jumlah tidak lebih dari 10 item. Laporan-laporan ini dapat dijadwalkan secara rutin (laporan berkala), diminta atas dasar kasus per kasus (on-demand laporan), atau yang dihasilkan hanya ketika kondisi tertentu ada (event-diprakarsai laporan)
Laporan berkala
yang dibuat telah ditentukan waktunya :
harian, mingguan, bulanan, kuartal, atau tahunan. Laporan-laporan
ini biasanya mencakup laporan
penggajian, laporan status persediaan, laporan penjualan, laporan laba rugi, dan neraca. Laporan On-demand biasanya diminta oleh
manajer ketika informasi tersebut
diperlukan untuk masalah tertentu. Sebagai contoh, jika seorang pelanggan ingin membuat sebuah rekening
tagihan yang besar, seorang
manajer mungkin meminta laporan
khusus pada pembayaran pelanggan
dan riwayat permintaan. Pada saat
awal laporan biasanya masih belum ada perubahan dan memerlukan perhatian yang
segera seperti laporan persedian
barang yang tidak tersedia atau laporan tentang peralatan yang tidak layak pakai.
Manajer di tingkat menengah biasa juga disebut manajer yang membuat keputusan secara taktis yang umumnya berurusan dengan keputusan semistructured. Sebuah keputusan semiterstruktur adalah keputusan yang meliputi beberapa prosedur struktur dan tidak bisa diputuskan pada saaat prosedur tersebut dibuat. Dalam kebanyakan kasus, keputusan semistructured bersifat kompleks, membutuhkan analisis yang rinci dan perhitungan yang luas. Contoh keputusan semistructured termasuk memutuskan berapa banyak unit yang spesifik harus disimpan dalam persediaan, apakah akan membeli sistem komputer yang lebih besar, dari mana sumber untuk membeli sistem komputer tersebut, dan apakah harus membeli sistem komputer mini yang multiuser. Setidaknya beberapa persyaratan informasi pada tingkat ini dapat dipenuhi melalui pemrosesan data yang berbasis komputer.
C. TOP MANAJEMEN
TOP
Manajemen berkaitan dengan keputusan yang lingkup dan kerangka waktunya lebih
luas. Sebutan di level top manajemen antara lain Chief Executive Officer (CEO),
chief operating officer/kepala operasional (COO), Chief Finance Officer (CFO), IS
for the Noninformation Systems Executive treasurer, Pengendali, chief
information officer (CIO executive vice president, and Pegawai senior. Top Manajer didalamnya terdapat beberapa orang memiliki wewenang kuat yang bertanggung
jawab atas empat fungsi dasar dari bisnis,
pemasaran dan keuangan, produksi dan penelitian serta pengembangan.
Keputusan yang dibuat pada tingkat ini tidak bisa diprediksi,dalam jangka waktu yang panjang, dan terkait dengan
masa depan, kegiatan tidak hanya masa lalu dan / atau saat ini.
Oleh
karena itu, hal ini menuntut pengalaman yang banyak dan pengambilan keputusan
yang tepat. MIS Sebuah perusahaan harus mampu menyediakan informasi kepada
manajemen puncak yang diperlukan dalam laporan berkala, laporan saat ini, dan
laporan berdasarkan permintaan.
Informasi
yang ada harus menunjukkan bagaimana semua kegiatan di perusahaan dan
departemen terkait dan tidak terlepas satu sama lain dan saling mempengaruhi.
Keputusan penting yang dibuat pada tingkat ini cenderung diarahkan (1)
perencanaan strategis, misalnya, bagaimana pembiayaan perkembangan perusahaan dan pasar baru mana harus ditangani pertama
kali, (2) alokasi sumber daya, seperti memutuskan apakah akan membangun atau
menyewakan ruang kantor dan apakah akan menghabiskan lebih banyak uang untuk
iklan atau mempekerjakan staf baru, dan (3) perumusan kebijakan, seperti
menentukan kebijakan perusahaan untuk mempekerjakan kaum minoritas dan
menyediakan insentif karyawan.
Manajer
pada tingkat ini sering disebut pengambil keputusan strategis.
Contoh keputusan terstruktur termasuk memutuskan rencana lima tahun kedepan sesuai tujuan perusahaan, mengevaluasi sumber daya keuangan di masa depan, dan memutuskan bagaimana bereaksi terhadap tindakan pesaing. Pada tingkat yang lebih tinggi dari manajemen, banyak data yang dibutuhkan untuk membuat keputusan datang dari luar organisasi (misalnya informasi tentang keuangan pesaing).
Contoh keputusan terstruktur termasuk memutuskan rencana lima tahun kedepan sesuai tujuan perusahaan, mengevaluasi sumber daya keuangan di masa depan, dan memutuskan bagaimana bereaksi terhadap tindakan pesaing. Pada tingkat yang lebih tinggi dari manajemen, banyak data yang dibutuhkan untuk membuat keputusan datang dari luar organisasi (misalnya informasi tentang keuangan pesaing).
Sebutan di Level Top
Manajemen :
CEO (Chief Executive Officer) è
Kepala Eksekutif Tertinggi
COO (Chief Operational Officer) è
Kepala Operasional tertinggi
CFO (chief Fincance Officer) è
Kepala keuangan tertinggi
CIO (Chief Information Officer) è
Kepala Sistem Informasi Tertinggi
Referensi :
http://hero-bussiness.blogspot.com/2013/01/level-manajemen.html [Selasa - 17.00]
Referensi :
http://hero-bussiness.blogspot.com/2013/01/level-manajemen.html [Selasa - 17.00]
0 komentar:
Posting Komentar